Print Friendly and PDF

Kamis, 24 Mei 2012

Visualizing Your Mind

Effect :
Anda menyuruh spec. untuk mengambil 1 kertas dari masing masing 4 gelas yang anda siapkan . Lalu anda membuka prediksi anda dan ternyata tidak tepat. Anda pun membakar prediksi anda lalu mengembalikan abunya ke dalam amplop . Anda menutupnya lalu membukanya kembali dan abu tsb. telah berubah menjadi kertas prediksi berupa gambar yang tepat dengan pilihan pilihan spec.


Alat dan Bahan :
- 4 gelas bening yang bergerigi di mana tiap gelas berisi 12 kertas bertuliskan nama negara( gelas 1 ) , tokoh dunia ( gelas 2) , keajaiban dunia ( gelas 3 ) , dan pemain sepak bola ( gelas 4 )
- Selembar kertas HVS
- Pulpen
- Gimmicked Envelope ( lihat di bagian persiapan untuk cara pembuatan)
- Korek api


Persiapan :

1. Buatlah sebuah gimmicked envelope di mana bagian dalam amplop terdiri dari 3 bagian .
( Warning : Untuk show, jangan gunakan kertas putih untuk membuat gimmicked envelope seperti pada contoh di bawah. Gunakanlah kertas berwarna sama dengan warna amplop. Kertas putih spt. di bawah hanya digunakan sebagai contoh)


Cara pembuatan :

1. Siapkan amplop berukuran 25cm x 11cm , 2 lembar kertas A4 yang berwarna sama dengan warna amplop , lem super kuat, lem stick yang tidak terlalu kuat, double tape tipis dan gunting

2. Potonglah kertas dengan ukuran 10cm x 13 cm lalu lipatlah bagian samping kanan , samping kiri dan bagian bawah sepanjang 1 cm. Lemlah bagian luar sisi2 yang terlipat tsb dengan lem super kuat, tetapi jangan mengelem bagian dalamnya. Tempel sisi atas yang tidak dilem dengan double tape.Tempelah pada 1 sisi bagian dalam amplop dengan bagian atas tidak menempel pada amplop
( selanjutnya bagian baru ini disebut bagian kecil )



3. Potong lagi kertas dengan ukuran 20 x 13 cm lalu lakukan hal yang sama seperti langkah 2 . Tempelah pada sisi lain yang tidak ditempeli dengan bagian atas yang dilem dengan lem stick tetapi tidak menempel juga ( selanjutnya bagian baru ini disebut bagian panjang). Amplop pun terbagi menjadi 3 bagian sekarang



4.Masukkan prediksi anda yang berisi gambar ( prediksi benar) ke dalam bagian panjang . Setelah dimasukan , rekatkan sisi atas bagian panjang dengan bagian dalam amplop
( Warning : Merekatkannya jangan terlalu ditekan)



5. Masukkan prediksi anda yang berisi tulisan ( prediksi salah ) ke dalam bagian kosong . Gimmicked Envelope pun jadi .


2. Tulislah kata “ Thomas Alfa Edison “ pada 10 kertas kecil , lalu tulislah kata “ Aristoteles” pada 1 kertas kecil , “Barack Obama” pada 1 kertas kecil dan “ Adolf Hitler “ pada 1 kertas kecil lainnya. Gulunglah kertas tersebut seperti pada gambar. Tandai 3 gulungan kertas yang bertuliskan Aristoteles, Obama dan Hitler dengan tanda titik kecil. Masukkan semua gulungan ini ke dalam gelas 1



3. Tulislah kata “ Inggris” pada 10 kertas kecil , “ Belgia “ pada 1 kertas kecil, “China” pada 1 kertas kecil dan “Kanada” pada 1 kertas lainnya.Gulunglah semua kertas tsb. .Tandai gulungan Belgia, China dan Kanada dengan titik kecil. Masukan semua gulungan ini ke dalam gelas 2


4. Tulislah kata “ Sphynx” pada 10 kertas kecil , “ Collosseum” pada 1 kertas kecil, “Menara Eiffel” pada 1 kertas kecil dan “ Menara Pisa “ pada 1 kertas lainnya .Gulunglah semua kertas tsb. .Tandai gulungan Colosseum, Menara Eiffel dan Menara Pisa dengan titik kecil. Masukan semua gulungan ini ke dalam gelas 3


5. Tulislah kata “ Franck Ribery” pada 10 kertas kecil , “ Didier Drogba” pada 1 kertas kecil, “Jermain Defoe” pada 1 kertas kecil dan “ Lionel Messi “ pada 1 kertas lainnya. Gulunglah semua kertas tsb. lalu tandai gulungan Drogba , Defoe dan Messi dengan titik kecil. Masukan semua gulungan ini ke dalam gelas 4 .


6. Buatlah prediksi ( prediksi salah ) sebagai berikut

Tokoh : Alexander Graham Bell
Negara : Kanada
Keajaiban dunia : Great Wall
Pemain Bola : Wayne Rooney
7. Lalu buatlah prediksi benar yang berisi gambar gambar sbb.







8. Saat show gunakan baju yang berlengan panjang dengan saku pada baju

Procedure :

1. Panggil seorang spec. Ceritakan padanya bahwa pikiran seseorang dapat diekspresikan dengan media tulisan , gambar , perkataan , perbuatan dsb.

2. Tunjukan gelas2 yang telah anda persiapkan. Katakan bahwa anda telah memprediksi nama nama yang akan spec ambil. Tunjukan pula amplop prediksi anda. Lalu katakan bahwa anda mempunyai 4 gelas yaitu gelas berisi kertas bertuliskan nama tokoh dunia , negara , keajaiban dunia dan pemain bola . Setelah itu, ambil gulungan yang telah anda tandai sebelumnya . Tunjukan dan bacakan nama yang tertera dalam gulungan tsb. Setelah itu gulunglah kembali kertas2 tsb. Kemudian beraktinglah seolah olah anda memasukan kembali ketiga gulungan tersebut padahal anda menyembunyikannya di tangan anda dan anda masih mengenggamnya dengan metode palming.




Kemudian alihkan perhatian spec dengan menanyakan apakah ia pernah bertemu tokoh2 tsb. sebelumnya , apakah ia pernah pergi ke luar negeri dsb. Ketika perhatiannya teralihkan, jatuhkan ketiga gulungan yang anda sembunyikan ke dalam saku baju anda atau saku celana anda . Lakukan prosedur yang sama pada gelas2 lainnya sampai anda menunjukan semua gulungan bertitik pada tiap kertas.
( Warning : Jangan sampai penonton atau spec mengetahui tanda titik yang anda buat dan tindakan anda yang menyembunyikan gulungan kertas)



3. Suruh spec. untuk mengambil 1 kertas dari masing masing gelas. Ia bisa mengocok gelasnya terlebih dahulu. Setelah itu , suruh ia untuk menuliskan nama yang tercantum dalam gulungan gulungan tsb. di atas kertas.

4. Apabila sudah, keluarkan prediksi anda ( prediksi salah ) dan suruh penonton membaca tulisannya . Bandingkan dengan prediksi anda yang salah. Beraktinglah seperti orang bingung ( tapi jangan berlebihan) . Ada kemungkinan anda disoraki bahkan dimaki penonton . Hiraukan saja hal tersebut.
( Warning : Jangan sampai spec. melihat bagian dalam amplop)

5. Katakan pada penonton dan spec bahwa mentalist juga merupakan manusia dan pasti mempunyai kesalahan namun pesulap berprinsip bahwa “ the show must go on” . Bakarlah prediksi yang salah tersebut lalu ambilah abunya. Apabila penonton ingin membakarnya persilahkan saja.

6. Masukan abu tersebut ke dalam amplop gimmick yaitu ke bagian kecil . Tutuplah amplop tersebut lalu beraktinglah seperti anda merapikan bagian tengah amplop.Katakan bahwa dengan sentuhan dan gerakan magis anda akan menghilangkan abu2 tsb. Padahal tujuan anda merapikan bagian tengah adalah merekatkan sisi atas bagian kecil pd. amplop. Lalu gerakanlah amplop tersebut ke atas dan ke bawah.

7. Setelah beberapa gerakan, bukalah amplop dan tunjukan isinya yang kosong namun jangan terlalu lama dan jangan terlalu dekat dengan spec . Anda juga bisa menunjukannya dengan berakting mengeluarkan isi amplop.



8. Setelah itu , katakan bahwa anda akan membuat keajaiban lagi . Gerakan lagi amplop tsb. Katakan bahwa anda akan mengembalikan abu tersebut namun dalam bentuk kertas .Lalu keluarkan prediksi anda yang satu lagi ( prediksi benar) . Suruh spec membuka prediksi tersebut lalu kejutkan ia bahwa abu tersebut telah berubah menjadi gambar dan nama dari nama nama yang spec. tulis sebelumnya …


Makna Permainan :

-Setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan . Bahkan orang seperti pemuka agama yang alim, ilmuwan berilmu tinggi , bahkan pesulap pasti pernah melakukan kesalahan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar asalkan kita bisa memperbaiki kesalahan tersebut.
-Mengungkapkan pendapat atau pikiran dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan menggunakan tulisan , lisan , perbuatan, gambar, lagu , etc.


Asal trik :
Trik ini merupakan hasil pengembangan saya sendiri

1 komentar:

Posting Komentar